Langsung ke konten utama

PEMASARAN POLITIK

Kiat sukses dalam melakukan pemasaran politik:
Refernsi : komunikasi politik Prof. Dr. Hafied Cangara, M.Sc, rajawali pers
Dalam melakukan pemasaran kita perlu sebuah grub yang memiliki angota bermacam-macam profesi dan grub tersebut sering disebut dengan tim sukses ada beberapa kelompok yang ada di dalam tim sukses:

1. Penasihat
Penasihat berfungsi memberi masukan dalam hal strategi dan langkah-langkah yang perlu diambil oleh partai atau calon dalam mencapai tujuan.
2. Tim ahli
Tim ahli ialah kelompok ahli yang diangkat menurut bidangnya. Biasanya  tugas tim ahli adalah menyusun program yang dibawakan oleh calon, memberi substansi atau tema terhadap isi pidato yang akan dibawakan, dan mem-back up calon jika ada pertanyaan-pertanyaan yang menyangkut dengan bidang keahliannya. Tim ahli biasanya terdiri dari para ahli dibidang politik, ekonomi, dan keuangan, komunikasi, pertahanan dan keamanan, sosial budaya, kebijakan dan kerja sama luar negeri.

3. Tim riset dan litbang
Tim riset dan litbang ialah kelompok para peneliti yang bertugas untuk mengumpulkan informasi yang sangat relevan dengan partai.

4. Tim pengumpul data
Bagi yang ingin maju dalam pencalonan jabatan publik, seperti anggota legislatif, presiden dan wakil presiden, gubernur dan wakil gubernur, dan walikota/bupati tidak hanya memerlukan banyak waktu, energi dan pendukung, tetapi juga memerlukan dana yang tidak kecil untuk mempromosikan diri, kebijakan, dan pikiran-pikirannya.

5. Tim kampanye
Tim kampanye ialah mereka yang merencanakan dan mengerakkan kampanye utnuk pemasaran calon yang diajukan partai. Untuk mengerakkan kampanye seharusnya ditunjuk seornag manajer kampanye yang memiliki keahlian dalam bidang perencanaan dan strategi komunikasi, atau yang memiliki pengetahuan di bidang politik dan sekaligus juga memiliki pengalaman dan hubungan yang baik dengan media.

6. Tim penggalangan massa
Mereka di rekrut untuk mengalang massa, baik untuk kepentingan pengumpulan suara maupun show force untuk menunjukkan kekuatan partai kepada masyarakat dan calon pemilih.

7. Tim hubungan antardaerah
Tim ini sangat diperlukan untuk menjalin silaturahmi dengan masyarakat yang ada di kabupaten atau daerah maupun di pusat. Hubungan ini sangat penting untuk menjalankan roda oraganisasi pada tingkat bawah sehingga hubungan itu tetap terjaga dan berkesinambungan.

8. Tim pengamat (intelijen)
Kelompok ini dibentuk untuk mengamati dan mengawasi tindak tanduk lawan politik yang membahayakan citra partai atau calon.

9. Tim pengaman
Tim ini sangat penting untuk memberikan perlindungan dan keamanan kepada calon yang oleh partai sebab di negara-negara yang memiliki konsisi keamanan yang sangat rendah, itu perlu untuk mengamankan calon-calon presiden atau gubernur sangat diperlukan.

10. Tim pengumpul suara (vote getter)
Tim ini terdiri dari orang-orang yang memiliki pengaruh yang sangat besar di kalangan masyarakat. Mereka biasanya memiliki kedudukan sosial ekonomi yang terpandang, misalnya mantan menteri, gubernur, bupati dan pemilik tanah yang memiliki pekerja yang sangat banyak. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BELAJAR SUKSES DARI TOKOH

I ni sebuah tulisan aku yang aku ambil dari buku hasil tulisan martin griffiths yang berjudul lima puluh pemikir dalam studi hubungan internasional. Kenapa aku mau menulis tentang buku ini....?. Setelah aku baca buku tersebut ada yang menginspirasi aku untuk menulis singkat tentang inti yang terkandung di dalam buku tersebut, walaupun dalam bukunya tidak boleh memplagiat atau memperbanyak buku tersebut. Dalam tulisan ini aku tidak ada berencana memperbanyak atau memplagiat buku tersebut. Tapi aku disini agar semua pembaca yang melihat blog aku. Bisa terinspirasi terhadap t...

MENJELAJAHI WISATA ACEH

Menjelajahi aceh ini tidak akan pernah habis di mulai dari wilayah ujung sampai ke ujung lagi, sampai kita bermimpi saja tidak akan bisa menerbangkan kita untuk mengelilingi aceh ini. Jika kita membayangkan mimpi itu pasti gampang sekali untuk menghayati lentera keindahan dunia mimpi. Mata ini harus terbuka untuk melihat dunia yang begitu luas seluas tidak terhingga sampai-sampai mengukurnya saja kita tidak akan pernah bisa, kalau kamu ingin mengelilingi aceh harus benar-benar yakin dan mempunyai kemungkinan kuat untuk memuali

POLEMIK PRO KONTRA BENDERA ACEH

Dalam sebuah negara pasti ada sebuah simbol  atau tanda negara tersebut, sehingga negara tersebut di akui oleh negara lain yang ada  di dunia. ini berlandaskan juga dengan filosofi sebuah bendera. setiap bendera ada filosofinya. contohnya. bendera Indonesia, mempunyai 2 warna merah putih. merah disini artinya berani dan putih bersih. sebelum indonesia meresmikan bendera merah putih ada history di balik bendera tersebut. Sejarah Bendera Indonesia...? Semenjak indonesia merdeka dari penjajahan belanda dan jepang, indonesia belum mempunyai lambang sebuah negara, sehingga dari founding father indonesia merumbuk dan membuat BPUPKI yaitu sebuah badan yang mempersiapkan kemerdekaan indonesia